BENGKULU KIRIM PELAJAR KE JEPANG

Sabtu, 04 Juli 2009 |


Bengkulu, (ANTARA) - Provinsi Bengkulu akan mengirimkan tujuh pelajar ke Jepang dalam rangka pertukaran pelajar antar negara-negara Asia.
"Kami akan mengirimkan tujuh pelajar terbaik dari provinsi ini untuk memenuhi kerja sama pertukaran pelajar antara Jepang dan Indonesia," kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Diknas) Kota Bengkulu Dani Hamdani, Jumat.
Ia menyebutkan tujuh pelajar itu berasal dari Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Tengah.
Program pertukaran pelajar yang difasilitasi Departeman Luar Negeri tersebut direncanakan dilaksanakan selama sepuluh hari, tidak termasuk waktu selama perjalanan.
Seluruh biaya ditanggung Departeman Luar Negeri, kecuali biaya pembuatan paspor, uang saku dan pembuatan pakaian seragam.
Selain Bengkulu, daerah lain yang juga mengirim pelajarnya ke Jepang antara lain Sumatra Barat (Sumbar) dan Kabupaten Manokwari. Sumbar mengirimkan empat pelajar, dan Manokwari delapan pelajar.
Agenda kegiatan para pelajar itu selama sepuluh hari di Jepang selain mengenai pendidikan dan pengenalan budaya Indonesia maupun budaya masing-masing daerah, mereka juga akan menyampaikan pemaparan tentang gempa di Bengkul kepada para siswa di Jepang.
Sementara itu, Wali Kota Bengkulu Akhmad Kanedi usai melepas tujuh pelajar Bengkulu ke Jepang mengatakan sangat bangga dengan pelajar Bengkulu yang dikirim ke Jepang.
"Mudah-mudahan mereka mampu bersaing di kancah internasional," katanya.
Menurut dia, pertukaraan pelajar hendaknya dijadikan ajang untuk memperkenalkan bangsa ini kepada generasi muda maupun penduduk di berbagai negara.
"Tentunya yang diperkenalkan adalah hal-hal yang menarik, dan tidak mempermalukan bangsa Indonesia," katanya.
Setelah mereka kembali dari Jepang, diharapkan pengalamannya diceritakan kepada siswa lain di Provinsi Bengkulu, sehingga tumbuh semangat belajar dan rasa ingin tahu yang tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar yang bersifat membangun :