JALAN NEGARA DI BENGKULU UTARA RUSAK PARAH

Minggu, 24 Mei 2009 |


Bengkulu, (ANTARA) - Sejak diguncang gempa bumi 7,9 SR pada 12 September 2007, jalan negara yang berlokasi di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) hingga saat ini masih rusak parah.
Dari pantauan, Rabu, ruas jalan yang menghubungkan Kota Bengkulu-Kabupaten Mukomuko dan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) di beberapa titik masih terlihat rusak dan belum dilakukan perbaikan.
Ruas jalan yang rusak akibat gempa tersebut hanya dilapisi oleh batu koral dan kondisinya sangat membahayakan bagi pengguna jalan.
Titik kerusakan itu berada di Kecamatan Urai, Ketahun hingga wilayah Lais, Kabupaten BU.
Selain jalan rusak, di wilayah Kabupaten BU juta terdapat dua titik longsor di wilayah pantai barat akibat abrasi yang harus segera diperbaiki karena sudah memakan hampir seluruh badan jalan terutama di wilayah Kecamatan Lais dan Urai.
Banyaknya jalan rusak dan titik-titik longsor di Kabupaten BU itu dimanfaatkan warga untuk mengambil sumbangan kepada pengguna jalan yang melintas dengan dalih telah memperbaiki jalan dan memberi rambu-rambu pada malam hari.
Akibat gempa bumi berkekuatan 7,9 SR yang terjadi pada 12 September 2007 lalu, cukup banyak infrastruktur yang rusak baik jembatan/jalan maupun irigasi.
Data dari Satkorlak Penanggulangan Bencana Provinsi Bengkulu, tercatat sebanyak 86 jembatan/jalan yang rusak total, 168 rusak berat dan 56 rusak ringan. Irigasi yang mengalami rusak total 46, rusak berat 100 dan rusak ringan 48.
Dari total kerusakan itu yang paling parah terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara, di daerah itu tercatat 86 jalan/jembatan rusak total, 111 rusak berat dan 37 rusak ringan. Irigasi yang rusak total 46, rusak berat 31 dan rusak ringan 42.
Kemudian di Kota Bengkulu, tercatat 25 jalan/jembatan rusak berat dan dua rusak ringan, serta irigasi yang mengalami rusak berat 35 dan rusak ringan satu.
Di Kabupaten Mukomuko, sebanyak 23 jalan/jembatan rusak berat dan tiga irigasi rusak berat, di Kabupaten Kepahiang terdapat 20 irigasi rusak berat, di Lebong enam jambatan/jalan rusak berat, di Seluma tiga jalan/jembatan rusak berat dan 17 rusak ringan serta irigasi 11 rusak berat dan lima rusak ringan.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar yang bersifat membangun :