PT TELKOM RESMIKAN RING-3 SUMATRA

Senin, 11 Mei 2009 |


Bengkulu, (ANTARA) - Direktur Network dan Solusion PT Telkom, Ermady Dahlan di Bengkulu, Jumat (8/5) meresmikan pengoperasian jaringan Fiber Optik (FO) yang menghubungkan empat provinsi di Sumatra.
Pengoperasian jaringan yang disebut sebagai Ring-3 itu menghubungkan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), Jambi, Bengkulu dan Sumatra Barat (Sumbar) itu dihadiri beberapa General Manager PT Telkom seperti Lampung dan Sumsel.
"Dengan diresmikanya ring-3 berarti beberapa daerah pesisir barat Sumatra termasuk Sumsel, Bengkulu, Jambi dan Sumbar yang selama ini terisolasi dari fasilitas Telkom mejadi terbuka," ungkapnya.
Pembangunan Ring-3 sepanjang 1.300 Km tersebut melewati Kota Palembang, Lahat, Lubuk Linggau, Bengkulu, Ipuh, Mukomuko, Tapan, Painan, hingga Sumbar.
Untuk tahap awal, kapasitas Ring-3 Sumatra yang tersedia saat ini sebesar 2,5 giga dan masih dimungkinkan untuk dilakukan penambahan kapasitas hingga delapan giga jika memang dibutuhkan masyarakat.
Dengan Demikian, permintaan masyarakat akan layanan Telkom seperti internet kecepatan tinggi (speedy), Flexi, 3G, Sirkit Sewa bahkan layanan bundling lainnya dapat terlayani.
Selain tujuan bisnis, Menurut Ermady Pembangunan Ring-3 yang menelan dana hampir Rp1 miliar itu merupakan wujud kepedulian dan tangung jawab Telkom salaku perusahaan publik dalam hal penyediaan dan pemerataan fasilitas telekomunikasi di Indonesia.
Dia juga menyebutkan, selain memenuhi kebutuhan Telkom, pembangunan ring-3 juga dapat memuhi kebutuhan operator telekomunikasi lainnya misalnya melalui pola sewa.
"Sebelum dioperasikan sudah banyak operator telekomunikasi mengajukan permintaan untuk ikut menyewa jaringan ring 3 ini," ujarnya.
Proyek pemasangan Ring-3 juga disebut sebagai proyek tanpa investasi baru, karena pemanfaatan peralatan transmisi 'back bone' berkualitas tinggi seperti high Performance Back Bone (HPBB) yang selama ini non aktif.
Kemudian, pembangunan yang menggunakan sistem swakelola oleh tanaga-tenaga profesional Telkom dengan jadwal yang ketat juga menjadi faktor efisiensi biaya yang dikeluarkan.
Sementara itu, General Manager Telkom Cabang Bengkulu, Hamdani, ketika ditemui usai peresmian menyambut gembira dengan terhubungnya jalur Sumatra Selatan hingga Padang yang melintasi Provinsi Bengkulu.
"Mudah-mudahan, dengan telah beroprasinya Ring-3, masyarakat di daerah bisa menikmati layanan Telkom, sekaligus target peningkatan 30 persen pelanggan Telkom dapat tercapai," ujarnya.
Sebelumnya, Telkom juga telah memasang Jaringan FO yang melintasi Jakarta, Sumsel, Pekanbaru, Batam, Pontianak, Tanjung Pandan dan kembali Ke Jakarta yang disebut sebagai Ring 1, sementara Ring-2 melintasi Pekanbaru, Medan, Padang hingga Pekanbaru.
Setelah peresmian Ring-3, Telkom akan kembali melakukan pemasangan FO untuk jalur Ring-4 yang melintasi Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Denpasar.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar yang bersifat membangun :