907 SISWA SMP MENDAFTAR DI RSBI BENGKULU

Senin, 08 Juni 2009 |


Bengkulu, (ANTARA) - Sebanyak 907 siswa SMP di Provinsi Bengkulu mendaftar di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu yang merupakan sekolah Rintisan Bertaraf Internasional (RSBI).
"Pendaftarnya luar biasa banyaknya, sampai ditutup 30 April lalu tercatat 907 siswa SMP mendaftar di sekolah RSBI SMA Negeri 2," kata Koordinator pelaksana RSBI tingkat SMA, Supril, Selasa.
Menurut dia, SMA Negeri 2 pada 2009 ini merupakan tahun ketiga penerimaan siswa SBI. Menerima delapan kelas RSBI atau seluruh kelas merupakan RSBI.
Sedangkan pada 2008 lalu hanya menerima empat kelas dan tahun 2007 dua kelas.
"Alhamdulilah tahun ini kita dipercaya menjadi sekolah RSBI bukan lagi kelas SBI," katanya.
Sesuai dengan instruksi Departeman Pendidikan Nasional (Diknas) dan Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, kelas atau sekolah RSBI diperbolehkan menerima pendaftaran siswa baru sebelum hasil UN diumumkan.
Sejak dibuka pada akhir April 2009, siswa SMP dari sepuluh kabupaten dan kota di daerah itu berlomba-lomba mendaftar di RSBI Kota Bengkulu.
Selain itu, pendaftar RSBI SMA Negeri 2 juga berasal dari luar provinsi seperti Sumbar, Jambi, Lampung dan Sumatra Selatan (Sumsel).
Walaupun pendaftarnya sangat banyak, SMU Negeri 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2009 hanya menerima 192 siswa yang akan dibagi dalam delapan kelas.
Terkait hal itu, panitia penerimaan siswa baru, akan melaksanakan seleksi pemberkasan secara ketat dan selanjutnya akan dilakukan berbagai seleksi seperti seleksi nilai rapot, tes wawancara, psikotes dan kemampuan berbahasa asing.
Namun, setelah dinyatakan lulus, dan dinyatakan tidak lulus UN, kelulusan di RSBI tersebut langsung dianggap gugur, tanpa ada toleransi untuk mengulang atau ujian paket C.
Mengenai anggapan bahwa biaya sekolah RSBI mahal, Supril, membantah karena sistem yang digunakan pada sekolah RSBI adalah sistem subsidi dari pemerintah dan menggunakan sistem subsidi silang dari orang tua siswa.
"Kalau biaya relatif, karena kita menggunakan sistem subsidi silang dan disesuaikan dengan kamampuan ekonomi orang tua siswa," tegasnya.
Di Provinsi Bengkulu terdapat dua sekolah RSBI tingkat SMA yaitu SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dan SMA Negeri 1 Kabupaten Rejang Lebong.
"Rencananya tahun ini ada tiga sekolah RSBI, namun karena satu sekolah di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) tersangkut oleh masalah kecurangan UN hingga saat ini belum ada kabarnya," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar yang bersifat membangun :