DINAS KEBERSIHAN BENGKULU LUNCURKAN "SEPEDA SAMPAH"

Sabtu, 27 Juni 2009 |


Bengkulu, (ANTARA) - Dinas Kebersihan dan pertamanaan Kota Bengkulu bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dan Bank Bengkulu meluncurkan sepeda sampah untuk meciptakan kota yang bersih dan bebas dari sampah.
"Peluncuran sepeda sampah ini merupakan salah satu langkah untuk menciptakan kota Bengkulu sebagai kota bersih dan terbebas dari sampah," kata Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Lingkungan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bengkulu, Eka Rika Rino, Selasa.
Program peluncuran sepeda sampah merupakan program Dinas Kebersihan yang didanai oleh Bank Bengkulu dan didukung oleh Pemkot Bengkulu.
Namun, jika ada perusahaan atau instansi yang berminat untuk memberikan kontribusi bagi kebersihan di Kota Bengkulu berupa bantuan semacam sepeda sampah pihaknya mengaku sangat mendukung.
"Harapan kita perusahaan ataupun instansi pemerintah semuanya bisa memberikan bantuan bagi peningkatan kebersihan di Kota Bengkulu," katanya.
Sepeda sampah itu nantinya akan dioperasikan di pusat pertokoan di Kota Bengkulu seperti di Jalan Soeprapto.
"Jalan Soeprapto merupakan simbol Kota Bengkulu dan kita harapkan daerah itu terbebas dari sampah," katanya.
Sementara itu, Wali Kota Bengkulu, Akhmad Kanedi mengatakan sangat mendukung program Dinas Kebersihan dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Bank Bengkulu untuk menjalankan program tersebut.
"Atas kerjasama Dinas Kebersihan, Pemkot Bengkulu dan didukung oleh Bank Bengkulu, akhirnya sepeda sampah bisa diluncurkan dan langsung dimanfaatkan oleh petugas kebersihan," katanya.
Wali kota juga mengucapkan terimakasih kepada Bank Bengkulu yang telah memberikan bantuan berupa sepeda sampah, topi dan jaket bagi petugas , sehingga Pemkot Bengkulu merasa terbantu.
Walaupun jumlah sepeda sampah untuk tahap awal ini baru empat unit, menurut dia, Bank Bengkulu sebagai BUMD telah memberikan kontribusi besar dalam peningkatan kebersihan di Kota Bengkulu.
Diharapkan akan diikuti oleh instansi ataupun perusahaan lain di Kota Bengkulu.
Selain memberikan bantuan sepeda yang telah dimodifikasi dan dilengkapi dengan keranjang sampah, Bank Bengkulu juga menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada 208 petugas kebersihan, supir dan tim Dinas Kebersihan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan komentar yang bersifat membangun :